Kisi kisi USBN matematika SMK Teknologi

DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA BARAT
MUSYAWARAH KERJA KEPALA SEKOLAH SMK KABUPATEN BANDUNG BARAT
KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (USBN)
TAHUN PELAJARAN 2018/2019















No. Urut
Kompetensi Yang Diuji
Lingkup Materi
Materi
Level Kognitif
Indikator Soal
Bentuk
Soal
No.
SOAL

1
Menerapkan konsep bilangan berpangkat, bentuk akar, logaritma
Aljabar
Bilangan berpangkat
Lk. 1
Disajikan bentuk  dengan a, b, c, p, q, r, s, t, u, m, dan n ( Bulat, peserta didik dapat menyederhanakan bentuk tersebut dengan benar.
PG
1

2
Menerapkan konsep bilangan berpangkat, bentuk akar, logaritma
Aljabar
 logaritma
LK. 1
Disajikan
. -  peserta didik dapat menentukan nilai dari operasi logaritma tersebut dengan tepat.
PG
2

3
Menerapkan konsep bilangan berpangkat, bentuk akar, logaritma
Aljabar
bentuk akar
LK. 1
Disajikan bentuk  dengan a, b, c, d, dan e ( Bulat positif, peserta didik dapat menyederhanakan bentuk tersebut dengan tepat.
PG
3

4
Menerapkan operasi matriks dalam menyelesaiakan masalah yang berkaitan dengan matriks
Aljabar
Operasi matriks
LK. 1
Disajikan dua buah matriks berordo 2 x 3 dan 3 x 2, peserta didik dapat menentukan perkalian kedua matriks tersebut dengan cermat.
PG
4

5
Menetukan nilai determinan, invers dan tranpos pada ordo 2x2 dan nilai determinan dan tranpos pada ordo 3x3.
Aljabar
Determinan dan invers matriks
LK. 1
Disajikan matriks berordo 2 x 2, peserta didik dapat menentukan invers dari matriks tersebut dengan benar.
PG
5

6
Menentukan nilai determinan, invers dan tranpose pada ordo 2x2 dan nilai determinan dan tranpose pada ordo 3x3.
Aljabar
Determinan dan invers matriks
LK. 1
Disajikan matriks berordo 3 x 3, peserta didik dapat menghitung determinan dari matriks tersebut dengan tepat.
PG
6

7
Menentukan himpunan penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan linier
Aljabar
Pertidaksamaan linier
LK. 1
Disajikan sebuah pertidaksamaan linier ax + b  c (dx + e), a, b, c, d, dan e ( Bulat, eserta didik dapat menentukan himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan linier tersebut dengan tepat.
PG
7

8
Menerapkan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
Aljabar
Menyusun persamaan kuadrat

LK. 1
Disajikan sebuah grafik fungsi kuadrat yang melalui titik tertentu dan puncaknya diketahui, peserta didik dapat menentukan persamaan kuadrat dari grafik tersebut dengan tepat.
PG
8

9
Menerapkan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
Aljabar
Menyusun persamaan kuadrat

LK. 1
Disajikan akar-akar persamaan  kuadrat, peserta didik dapat menentukan persamaan kuadrat baru dari jumlah akar dan  hasil kali akar kuadrat tersebut secara tepat
PG
9

10
Menganalisis barisan dan deret aritmetika

Aljabar
Barisan dan deret aritmatika
LK. 1
Disajikan dua buah suku yang berbeda dari barisan aritmetika, peserta didik dapat menentukan jumlah suku ke-n deret  aritmetika tersebut dengan tepat.

PG
10

11
Menganalisis barisan dan deret Geometri

Aljabar
Barisan dan deret geometri
LK. 2
Disajikan sebuah cerita terkait dengan barisan geometrii, peserta didik dapat menentukan rasio dari barisan geometri tersebut dengan tepat.

PG
11

12
Menentukan nilai variabel pada sistem persamaan linear dua variabel dalam masalah kontekstual
Aljabar
SPLDV
LK. 2
Diberikan sebuah kasus dalam kehidupan sehari-hari terkait dengan persamaan linier, peserta didik dapat menentukan nilai operasi dua variabel dari masalah kontekstual tersebut dengan tepat.
PG
12

13
Menentukan model matematika dari soal cerita
Aljabar
Program  linear
LK. 3
Disajikan soal cerita yang berkaitan dengan permasalahan pada program linier, peserta didik dapat menentukan model matematikanya dengan tepat.
PG
13

14
Menentukan daerah himpunan penyelesaian dari sistem pertidaksamaan linear
Aljabar
Program  linear
LK. 2
Disajikan sebuah gambar beberapa daerah himpunan penyelesaian suatu sistem pertidaksamaan linear dua variabel, peserta didik mampu menentukan daerah himpunan penyelesaian yang tepat
PG
14

15
Menentukan nilai maksimum dan minimum permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua variabel
Aljabar
Program  linear
LK. 3
Diberikan sebuah model matematika, peserta didik dapat menentukan nilai optimum dari model matematika tersebut
ESSAY
1

16
Menentukan dan  menggunakan nilai perbandingan trigonometri suatu sudut
Geometri dan trigonometri
Trigonometri

LK. 1
Disajikan sebuah kasus yang berhubungan dengan konsep trigonometri yang diketahui salah satu sudut dan dan sisinya, peserta didik dapat menghitung panjang sisi lainnya dari segitiga siku-siku tersebut
PG
15

17
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku
Geometri dan trigonometri
Trigonometri
LK. 2
Diketahui  nilai sin a dan cos a dari sebuah segi tiga siku-siku. , peserta didik dapt menghitung cos 2a
PG
16

18
Menerapkan aturan sinus dan cosinus
Geometri dan trigonometri
Trigonometri

LK. 1
Diberikan besar sebuah sudut, dan dua panjang sisi yang mengapit sudut tersebut pada segitiga, peserta didik dapat menentukan panjang sisi lainnya dengan tepat.
PG
17

19
Menentukan luas suatu segitiga
Geometri dan trigonometri
Trigonometri

LK. 2
Diberikan besar sebuah sudut, dan dua panjang sisi yang mengapit sudut tersebut pada segitiga, peserta didik dapat menentukan luas segitiga.
ESSAY
2

20
Menggunakan konsep  transformasi geometri dalam menyelesaikan masalah
Geometri dan trigonometri
Transformasi Geometri
LK. 1
Diberikan persamaan garis yang di translasikan pada titik tertentu, peserta didik dapat menentukan bayangan persamaan garis tersebut dengan tepat.
PG
18

21
Mengidentifikasi bangun ruang dan unsur-unsurnya
Geometri dan trigonometri
Dimensi 3
LK. 3
Diberikan sebuah kubus, peserta didik dapat menentukan jarak antara titik dan garis pada kubus
PG
19

22
Mengidentifikasi bangun ruang dan unsur-unsurnya
Geometri dan trigonometri
Dimensi 3
LK 2
Diberikan sebuah kubus, peserta didik dapat menentukan besar sudut antara garis dan bidang  kubus
PG
20

23
Mengidentifikasi bangun ruang dan unsur-unsurnya
Geometri dan trigonometri
Dimensi 3
LK 2
Diketahui sebuah tabung dengan ukuran tertentu, peserta didik dapat menghitung luas permukaan

PG
21

24
Menerapkan konsep lingkaran
Geometri dan trigonometri
Irisan kerucut
LK. 2
Diberikan persamaan lingkaran Ax2 + By2 + Cx + Dy + E = 0, peserta didik dapat menentukan titik pusat dan jari-jari dari persamaan lingkaran tersebut dengan tepat.
PG
22

25
Menerapkan konsep pengolahan, penyajian dan penafsiran data statistik dalam pemecahan masalah
Satatistika dan Peluang
Data dalam bentuk tabel atau diagram
LK. 1
Disajikan diagram batang, peserta didik dapat menginterpretasikan data pada diagram tersebut dengan tepat.
PG
23

26
Menerapkan konsep pengolahan, penyajian dan penafsiran data statistik dalam pemecahan masalah
Satatistika dan Peluang
Rata-rata gabungan
LK. 1
Diketahui rata-rata dari data ke-1 (n1) dan rata-rata gabungan dari data ke-1 dan data ke-2 (n2), peserta didik dapat menentukan rata-rata data kedua
ESSAY
3

27
Menerapkan konsep pengolahan, penyajian dan penafsiran data statistik dalam pemecahan masalah
Satatistika dan Peluang
Modus data berkelompok
LK. 1
Disajikan tabel frekuensi data kelompok, peserta didik dapat menentukan modus data tersebut dengan benar.
PG
24

28
Menerapkan konsep pengolahan, penyajian dan penafsiran data statistik dalam pemecahan masalah
Satatistika dan Peluang
Jangkauan kuartil data tunggal
LK. 1
Disajikan data tunggal peserta didik dapat menentukan jangakauan  kuartil
PG
25

29
Menerapkan konsep pengolahan, penyajian dan penafsiran data statistik dalam pemecahan masalah
Satatistika dan Peluang
Persentil data berkelompok
LK. 2
Disajikan sebuah data kontekstual berbentuk tabel data berkelompok, peserta didik dapat menghitung  persentil dengan tepat.
ESSAY
4

30
Menerapkan konsep pengolahan, penyajian dan penafsiran data statistik dalam pemecahan masalah
Satatistika dan Peluang
Simpangan Baku
LK. 1
Disajikan data tunggal dengan 5 ≤ n ≤ 7, peserta didik dapat menentukan simpangan baku data tersebut dengan benar.
PG
26

31
Menerapkan konsep pengolahan, penyajian dan penafsiran data statistik dalam pemecahan masalah
Satatistika dan Peluang
Kaidah Pencacahan
LK 1
Peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan aturan perkalian pada kaidah pencacahan
PG
27

32
Menerapkan konsep permutasi dan kombinasi serta banyak kemungkinan dan peluang suatu kejadian dalam menyelesaikan masalah
Satatistika dan Peluang
Permutasi dan kombinasi
LK. 3
Peserta didik dapat menyelesaikan masalah kehidupan sehari–hari menggunakan permutasi
PG
28

33
Menerapkan konsep permutasi dan kombinasi serta banyak kemungkinan dan peluang suatu kejadian dalam menyelesaikan masalah
Satatistika dan Peluang
Permutasi dan kombinasi
LK. 3
Peserta didik dapat menyelesaikan masalah kehidupan sehari–hari menggunakan kombinasi
ESSAY
5

34
Menerapkan konsep permutasi dan kombinasi serta banyak kemungkinan dan peluang suatu kejadian dalam menyelesaikan masalah
Satatistika dan Peluang
Frekuensi Harapan
LK. 2
Peserta didik dapat menentukan frekuensi harapan pada pelemparan dua dadu
PG
29

35
Menerapkan konsep permutasi dan kombinasi serta banyak kemungkinan dan peluang suatu kejadian dalam menyelesaikan masalah
Satatistika dan Peluang
Peluang kejadian
LK. 2
Peserta didik dapat menentukan peluang suatu kejadian
PG
30

36
Mengunakan limit fungsi dalam pemecahan masalah
kalkulus
Limit Fungsi
LK. 2
Peserta didik dapat menentukan nilai limit fungsi aljabar bentuk 0/0 dengan x mendekati nilai tertentu.
PG
31

37
Mengunakan turunan fungsi dalam pemecahan masalah
kalkulus
Turunan fungsi
LK. 2
Peserta didik dapat menentukan turunan pertama fungsi aljabar bentuk perkalian dua fungsi
PG
32

38
menentukan interval naik dari suatu fungs
kalkulus
Fungsi
Lk. 2
Diberikan sebuah fungsi berbentuk
F(x) = ax3 + bx2 + cx + d. siswa dapat menentukan interval naik
PG
33

39
Menggunakan konsep integral dalam pemecahan masalah
kalkulus
Integral

Peserta didik dapat menentukan integral tertentu dari fungsi aljabar
PG
34

40
Menggunakan konsep integral dalam pemecahan masalah
kalkulus
Integral

Peserta didik dapat menentukan luas daerah yang dibatasi oleh parabola dan sumbu x
PG
35



Catatan:
Level Kognitif :
LK 1 : Pengetahuan dan Pemahaman
LK 2 : Aplikasi
LK 3 : Penalaran

Popular posts from this blog

Aplikasi Program Linear

MENERAPKAN ATURAN SINUS

Determinan Matriks