PEMANFAATAN SUMBER DAYA MANUSIA DAN SUMBER DAYA ALAM SEBAGAI UPAYA PEMBANGUNAN EKONOMI DAERAH




Pilkada atau pemilihan kepala daerah adalah suatu ajang yang paling di nanti baik oleh kalangan para politis maupun masyarakat. Bagi kalangan politisi pilkada adalah suatu persaingan untuk mencapai eksistensi partai politiknya atau lebih sering kita lihat sebagai persaingan eksistensi parpol.
Sedangkan pilkada yang ditunggu oleh masyarakat khususnya masyarkat menengah kebawah adalah suatu harapan perubahan yang signifikan dan pembangunan tanpa menindas masyarakat kecil terutama dalam bidang perekonomian. Suatu daerah dapat dikatakan sebagai daerah yang maju apabila sektor ekonomi dan pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya alamnya dapat terealisasi dengan seimbang sehingga masyarakat dapat merasakannya.
Manusia sebagai makhluk sosial pada dasarnya selalu menghadapi masalah ekonomi, inti dari masalah ekonomi yang dihadapi oleh manusia adalah kenyataan bahwa kebutuhan manusia jumlahnya tidak terbatas, sedangkan alat pemuas kebutuhan manusia jumlahnya terbatas.
Pada dasarnya ekonomi berasal dari bahasa yunani yaitu oikos  yang berarti keluarga atau rumah tangga dan nomos yang berarti peraturan, aturan, dan hukum. Secara garis besar ekonomi diartikan sebagai “aturan rumah tangga” atau “management rumah tangga”. Ekonomi meliputi produksi, distribus dan perdagangan. Oleh sebab itu ekonomi adalah sumber dari kehidupan masyarakat yang memiliki 3 sektor utama yaitu sektor primer, sekunder, dan sektor tersiar.
Salah satu sektor yang paling penting dalam memajukan suatu daerah adalah sektor primer dimana sektor ini memanfaatkan langsung sumber daya alam seperti pertanian, perhutanan, perikanan, dan pertambangan. Sektor ini merupakan sektor utama dalam memajukan perekonomian suatu daerah oleh karena itu pengelolahan sumber daya alam sangat penting dilakukan agar hasil dari sumber daya alam dapat menjadi sumber ekonomi yang baik. Seteleh pemanfaatan pada sektor primer yaitu sektor sekunder yang memproduksi dan menciptakan produk akhir dan siap di konsumsi antara lain sektor produksi dan kontruksi, pada sektor ini pemanfaatan pada sumber daya manusia yang harus ditingkatkan agar produksi yang siap akan di konsumsi menjadi suatu produksi yang ternilai.
Permasalahan ekonomi yang jarang tersentuh yaitu permasalahan ekonomi pada suatu daerah di pedesaan, dimana tidak adanya lapangan pekerjaan ataupun hal lainnya yang dapat meningkatkan taraf perekonomian warganya.  
Oleh sebab itu kepala daerah yang terpilih pada pilkada dalam suatu periode tertentu sudah seharusnya mendirikan dan mengembangkan perekonomian daerahnya baik di perkotaan maupun di pedesaan dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada agar menjadi suatu produk yang bernilai tinggi, namun hal itu juga harus di barengi dengan pemanfaatan sumber daya manusia.
Salah satu cara pemanfaatan sumber daya manusia adalah memberikan pelatihan skil dan soft skil kepada masyakarat terutama pelatihan pada masyarakat menengah kebawah yang tidak mampu untuk mendapatkan pelatihannya di sekolah formal karena faktor biaya sekolah yang tinggi.
Pada masyarakat pedesaan, kepala daerah yang terpilih dari hasil pilkada bersama dengan pemerintah dan lembaga lainnya sebagai fasilitator dapat memfasilitasi masyarkat dengan pembelajaran atau pelatihan seperti pembentukan sekolah tani yang diberikan secara gratis kepada warga dengan peserta adalah warga setempat, kemudian pengolahan hasil pertanian dan menutup jalur perekonoman barang ekspor dari luar agar masyarakat dapat memilih dan membeli produk hasil negara sendiri.
Jadi untuk mengembang perekonomian suatu daerah sudah sepatutnya pemerintah daerah terutama pemerintah yang telah terpilih pada pilkada periode tertentu dapat memanfaatkan sumber daya alam dan sumber daya manusia dengan melakukan suatu pelatihan untuk meningkatkan keterampilan sumber daya manusia dan menutup barang ekspor dari luar agar barang-barang di indonesia dapat memilik harga jual yang tinggi sehingga barang hasil daerah sendiri dapat diminati dan di hargai oleh warganya.












Karya Manah Siti Nuryanah (Cahaya Pena)

Popular posts from this blog

Aplikasi Program Linear

MENERAPKAN ATURAN SINUS

Determinan Matriks