TIPS-TIPS AGAR SKRIPSI TIDAK MOLOR WAKTU


 Menjadi mahasiswa Tingkat akhir merupakan kebanggan tersendiri karena tidak lama lagi akan menyandang gelar sarjana dan kemudian bekerja. Bayang-bayang dunia pekerjaan dan memiliki uang sendiri hasil sendiri sudah melayang-layang di benak mahasiswa tingkat akhir atau yang sedang menyusun skripsi, apalagi bagi mahasiswa yang selama ini biaya diatur oleh orang tua pasti tidak bebas untuk membeli hal-hal yang di inginkan sehingga benak dunia pekerjaan dan penghasilan sendiri telah menari-nari diatas kepala.
  Namun selain itu, untuk mencapai gelar atau lulus dari sarjana tersebut ada beberapa hal yang harus di penuhi yaitu tugas akhir atau SKRIPSI.
ketika kita mendengar kata Skripsi sudah pasti terbayang di benak kita bahwa banyak buku yang harus dibaca sebagai referensi, penelitian kelapangan, dan yang paling malas adalah mengerjakan revisian.
  Banyak mahasiswa yang lulus tidak tepat waktu bukan karena mereka tidak mampu, melainkan karena susah untuk melawan rasa malas yang akut dan lingkungan yang tidak mendukung.
   Dalam artikel ini penulis akan mencoba menulis sebuah tips yang didapat dari kakak tingkat dan sudah penulis terapkan hasilnyapun sangat mempengaruhi.

1. Lingkungan

    Lingkungan sangat mempengaruhi dalam membentuk ke pribadian kita. jika anda ngekos usahakan teman kosan anda adalah mahasiswa, terutama mahasiswa tingkat akhir yang sedang menulis skripsi. alasannya agar anda terbawa semangat dan ada yang mengingatkan mengenai skripsi anda.
  Jika anda anak rumahan maka anda harus sering terbuka kepada kedua orang tua anda agar orang tua dapat mengingatkan mengenai skripsi anda. hal yang paling ampuh adalah lihat dan pandangi orang tua kita pada saat mereka tertidur jika pada saat mereka tidur keningnya mengerut mereka sedang memikirkan anaknya dengan segala keterbatasan yang ada namun mereka menginginkan anaknya untuk menjadi orang yang berpendidikan dan menjadi orang yang lebih baik serta menginginkan anaknya untuk cepat wisuda

2. Teman

       kita tidak pernah dilarang untuk berteman sama siapapun karena itu adalah hak kita, semakin banyak kita memiliki teman maka akan semakin banyak juga rezeki dan relasi kita. Namun, pada saat kita sedang menulis skripsi atau tugas akhir lainnya kita harus pandai dalam memilih teman, karena teman adalah zona nyaman kita dan zona tidak nyaman pula. pintarlah dalam memilih teman, dan bertemanlah sama yang aktif dan semangat untuk bimbingan dan menyelesaikan skripsi tepat waktu, karena dengan hal itu kita akan terbawa olehnya

3. Hindari Masalah dengan Dosen Pembimbing

   Pada saat penulisan skripsi atau tugas akhir lainnya jangan pernah membuat masalah dengan dosen pembimbing, kenapa karena pada saat kita menyelesaikan tugas akhir yang akan menentukan kita ke tahap selanjutnya yaitu dosen pembimbing, berusahalah untuk selalu berbuat baik kepada dosen pembimbing, karena akan sangat bahaya jika dosen pembimbing yang kita pilih tidak mau membimbing kita atau menyerahkan kita ke prodi dan dosen pembimbing lainnya karena sikap kita yang tidak berkenan dihati pembimbing

4. Komunikasi
   
    komunikasi sangat penting, karena komunikasi adalah cara kita tetap menyatukan kemistri. sebaiknya sering-seringlah berkomunikasi dengan mahasiswa lainnya, dengan dosen lain, kaka tingkat sebagai referensi terutama komunikasi dengan dosen pembimbing.

5. Buat Tabel Planing

   Sebaiknya anda membuat tabel Planning untuk menyelesaikan tugas akhir anda. seperti pada bulan 1 anda akan menyelesaikan administrasi untuk menunjang penelitian dan skripsi anda. sampai pada tanggal di tentukan sidang dan wisuda. targetkan anda sidang pada gelombang satu dan wisuda pada gelombang 1. selain itu, buat juga rencana setelah wisuda akan kemana, karena hal itu yang akan menjadi penyemangat anda. jika setelah wisuda anda akan meneruskan s2 ke luar negeri atau dalam negeri,akan menikah atau bekerja. setelah anda menuliskan Tabel Rencana, tempel lah di kamar anda sebagai pengingat bahwa anda punya rencana sehingga harus segera menyelesaikan tugas anda.

6. Suasana Baru untuk menyelesaikan Revisian

   Terkadang kita semangat untuk bimbingan dan ketemu dosen pembimbing namun ketika mendapatkan revisian, rasanya melawan rasa malasnya yang susah. sebenarnya skripsi itu mudah yang sulit adalah melawan rasa malas untuk mengerjakan revisian. Jika selama ini anda mengerjakan revisian hanya di dalam kosan atau rumah, coba cari suasana yang anda sukai misalkan dengan berjalan-jalan ketaman sambil membawa buku dan laptop anda menyelesaikan revisian disana dengan hembusan angin sepoi-sepoi siapa tau menjadi insfirasi untuk menuliskan kata-kata. atau jika anda seorang yang hobi naik gunung cobalah sesekali anda membawa revisian skripsi anda dan temukan insfirasi diatas sana, saya rasa anugerah alam akan lebih banyak menginsfirasi kita untuk menemukan kata-kata yang buntu.

7. Baca atau nonton

    Jika anda malas untuk membaca revisian coba anda baca tentang buku yang anda sukai atau nonton film dengan motivasi belajar yang sangat luar biasa maka disitu kita akan kembali menemukan ide untuk menulis. Namun, jangan terlalu lama menonton atau membaca buku tersebut ketika anda sudah mendapatkan ide maka segera tuangkan karena ide-ide tersebut akan sangat cepat untuk hilang dari pikiran kita


Demikian tips ini semoga bisa membantu mengatasi molornya waktu skripsi anda dan saya juga :"(

Popular posts from this blog

Aplikasi Program Linear

MENERAPKAN ATURAN SINUS

Determinan Matriks