APA ITU RAMADHAN-CERPEN



APA RAMADHAN ITU?

               Di perjalanan yang sangat melelahkan ini, dengan dahaga yang sangat di tenggorokan serta tubuhku yang lemas dan kepanasan ini aku terdiam duduk di sebuah bis yang akan membawaku pada tempat tujuanku disana, kursi yang ku pilih untuk di duduki adalah kursi pertama dan yang paling depan, tepatnya belakang kursi supir bis. Di setiap barisan terdapat dua buah kursi dan untuk di duduki oleh dua orang penumpang. Namun, karena bepergianku kali ini hanya sendiri kursi yang satu lagi aku kosongin. Aku memilih duduk di dekat jendela kaca sebelah kanan, selain lebih leluasa dan aman aku juga bisa melihat pemandangan di sepanjang jalan.
             Beberapa menit sebelum pemberangkatan bus, seorang ibu-ibu yang mengenakan baju Gamis hitam dan kerudung panjang warna hitam datang dengan anaknya mencari tempat duduk. Kemudian ia melihat ke belakang kanan dan kiri semua tempat duduk sudah terisi penuh hanya kursi di pinggir aku yang masih kosong, dengan raut yang ragu ibu itu kemudian bertanya kepadaku.


“Neng, kursinya masih kosong gak?” Tanya ibu tadi
“oia bu masih, silahkan bu? “jawabku
“makasih ya neng…?” kata ibu-ibu
“ia bu sama-sama….” Kemudian aku langsung bertanya pada anaknya sambil memegang pipinya yang bapau “ade… namanya siapa? Tanyaku. Anak itu hanya tersipu malu dengan pertanyaanku dan terus memandang kearahku. Kemudian ibunya menjawab 

“Tuh de, di Tanya sama teteh, namanya Aldi teh…”’ jawab ibu-ibu
“Ih lucu ya bu anaknya? Udah sekolah belum bu? “tanyaku kembali
“Masih TK, baru umur 4 tahun”jawab ibu-ibu “oia neng dari mana?” lanjut ibu-ibu itu yang bertanya kepadaku
“ooohh, dari Cimahi bu, ibu dari mana…” jawabku dan aku coba untuk bertanya balik
“dari Bandung neng “ jawab ibu-ibu
        Setelah sedikit berbincang-bincang akhirnya tidak terasa kita udah berada di KM 92. Rasa ngantuk dimataku ini sudah tidak bisa aku tahan lagi karena tadi setelah sahur aku langsung berangkat menuju terminan bus, dan suasana dalam bus pun sepi tidak ada perbincangan lagi terutama aku dengan ibu-ibu ini.  
Ditengah perjalanan, dengan cuaca yang sudah mulai panas di luar sana, tapi aku tidak terlalu merasakannya soalnya aku berada di bis yang ber AC. Anak kecil yang duduk di pinggir aku tadi bertanya kepada ibunya, dan membuyarkan semua kesunyian pada bus itu.
“Bu, aku haus boleh minum gak…?”
“ Sabar ya soleh ganteng tahan ya, kan lagi puasa gak boleh membatalkan puasa ya sayang…?” jawab ibunya dengan lembut
“ tapi bu… ? “ sela anak tadi
“ nak, selama kita masih kuat untuk menahan kita tahan semua dahaga kita, bukankah puasa itu artinya menahan, menahan kita dari hawa nafsu, dan menahan dari lapar dan haus” lanjut ibunya
“oh gitu ya bu..?” jawab si anak mengerti “ oia bu, kenapa sih kita harus puasa bu?” Tanya si anak kembali
“ puasa itu adalah salah satu rukun islam yang ke empat yang harus dan wajib di laksanakan oleh orang muslim, selain itu puasa juga dapat menyehatkan tubuh kita, dan juga kita bisa lebih banyak bersyukur kepada allah atas nikmat yang telah allah berikan kepada kita. Nak, lihat orang-orang yang ada di jalanan sana, mereka lebih kuat menahan lapar, mereka kuat menahan lapar selama berhari-hari. Dengan puasa ini kita bisa lebih bersyukur lagi kepada allah karena telah diberikan ni’mat olehnya sehingga selama ini kita bisa makan dan tidur yang enak, dan juga kita bisa merasakan kelaparan yang selama ini saudara-saudara kita rasakan yang berada di pinggir jalan” jawab ibunya
“oh gitu ya bu, yaudah deh bu aku mau tahan dan berusaha kuat seperti orang-orang yang ada di jalanan tadi bu….. bu kenapa puasa pada bulan ramadhan itu wajib? Jawab ana-anak dan kemudian kembali bertanya kembali.
“Puasa yang paling di wajibkan adalah puasa pada bulan suci Ramadhan, pada Bulan ini kita wajib menjalankan ibadah puasa sebagaimana tercantum dalam al-Qur’an surat Al-Baqoroh ayat 183 yang berbunyi
“Ya ayyuhal ladziina amanuu kutiba a’laikumusshiyaamu kamaa kutiba a’lalladziina min qoblikum la’allakum tattaquum”
“hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa”.
Nah kenapa kita harus berpuasa pada bulan suci ramadhan karena bulan Ramadhan adalah salah satu bulan yang paling diberkahi oleh allah,dimana pada bulan ini semua umat muslim di wajibkan berpuasa terkecuali ada beberapa hal yang di perbolehkan untuk tidak berpuasa seperti orang sakit, dan menstruasi pada wanita, selain itu kita wajib berpuasa, dan pada bulan ini segala perbuatan yang kita lakukan akan di lipat gandakan pahalanya oleh allah swt. “ lanjut penjelasan ibunya panjang lebar.
Akhirnya pengetahuanku semakin bertambah makasih adek kecil!

@manah_Siti-Nuryanah

Popular posts from this blog

Aplikasi Program Linear

MENERAPKAN ATURAN SINUS

Determinan Matriks